Mengenal Diri Sendiri Adalah Kebahagiaan

MEDIAENJOY.WEB.ID



CAMPURANSAINS.COM- Mengenal Diri Sendiri Adalah Sebuah Kebahagiaan- Sekarang kita di ajukan untuk mengenal diri kita masing masing. sebagaimana yang telah di argumentasikan oleh Al-Ghozali. kenapa kitak pernah mengenali diri kita di karenakan" diri kita di tutupi oleh hasrat dan hawa nafsu kita" sehingaga kita tidak bisa mnegenali diri kita masing masing. 


Karena hawa nasfu dan hasrat adalah musuh terbesar kita. dari itu kita harus mengenali diri kita masing masing. kenapa kita tidak pernah mengenali diri kita, padahal ini kita (dengan sangat sederhana), di karenakan karakter binatang kita yang ingin menjadi terpopuler.

Misalnya,

"jika kita  memakai celana jin(padahal kita tidak terbiasa), karena kita ingin terlihat gaul. Nah dari itu kita tidak pernah mengenali diri kita. kita tidak pernah bahagia dengan keterpopuleran kita, karena kita tidak terbiasa memakai celana jin itu. kita memaksa diri untuk memakai celana jin itu, ya terpaksa kit atidak bisa mengenali diri kita yang sesungguhnya".


Jadi marilah kita kenali diri kita masing-masing. sebagaiman yang telah di argumentasikan oleh iam Al-Ghozali "man arafa nafsahu arafa rabbahu". kunci dari kebahagian itu ialah kenali dirimu. argumetasi dari Al-Ghozali itu sangat lah dasar, namun kebanyakan kita tidak pernah mengeali diri kita msing masing, di karenakan kita takut tidak populer, jadi marilah kita kenali diri kita msing-masing.Ngelakoni

Misalnya, "ketika kita terbiasa memakai baju taqwa, ketika itu kita melihat banyak orang memakai baju kaos, nah kelamaan kita tidak nyaman atas apa yang kita pakai(baju kaos). maka kita belum menemukan jati diri kita yang sesungguhnya. kita masih takut akan tidak populer. (hah Kacau). Jika kita mengenali diri kita(kata imam al-Ghozali) ada manfaat yang ada di dalamnya.



"Ketika kamu telah menemukan jati dirimu lebih dalam lagi, trus lebih dalam lagi an kita menemukan hakikatnya jai diri kita, nah disna kita kan menemukan gambaran dari Tuhan(argumentasi dari imam al-Ghozali)".


Nah dari argumentasi di atas imam-alGhozali meng analogikakan kenali dirimu sebagaimana cermin.
ketika kita bercermin, kemudian kita melihat titik-titik hitam di cermin tersebut, tapi kita merasa nyman atas titik titik hitam itu.maka dosa yang ada pada diri kita sangatlah banyak. Namun jikalau kita membersihkan titk titik hitam itu kemudian kembali bercermin, alhamdullilah titik titik (dosa) kecil itu hilang.


Jadi Kunci dari bahagia kata imam al-Ghozali yang sangat sederhana ialah KENALI DIRIMU. Socrates pernah berkata"Now Your Self"  Kenali dirimu niscaya kamu akan bahagia. Nah kunci bagaia sangat sesederhana itu. namun kita lalai atas itu(begitupun saya).marilah kita mencari jati diri kita yang sesungguhnya, dan berbahagialah kita.


Wallahu'Alam

Comments