Pengertian Pendidikan Menurut Ivan Illich

mediaenjoy.web.id


CAMPURANSAINS.COM-Pengertian sekolah menurut Ivan Iliich adalah khusus untuk usia tertentu, berrhubungan dengan guru yang mengajar, dan membutuhkan kahadiran serta kurikulum yang ada di dalam sekolah tersebut.  Ivan Illich ialah orang pengkritik yang bermacam-macam kritikan yang pernah di di lontarkan di ada di autralia yang pernah mengkritik atas pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Namun tidak hanya mengritik saja ivan iliich juga memberikan solusi atas kritikannya tersbut.




mediaenjoy.web.id

Adapun pengertian menurut Tan Malaka ialah "untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan". Pendidikan sangatlah penting bagi setiap insan yang hidup di Sukma Ini.


Ivan Illich menyebur era sekolastik yang ada di australia dan sekarang kita menyebutnya sekolah yang ada di indonesia.  Dan asal muasalnya pendidikan ialah dari orang orang kristen dengan nama Sekolastik yang di sebutkan di atas. kritik-kritik yang  pernah di lontarkan oleh Ivan illich ialah: 


Kritik : Situasi Sekolah Yang Ada di Amerika Selatan dan Amerika latin
  • Pendidikan yang ada di amerika menganjurkan pendidikan 12 tahun. yang hampir sama dengan yang ada di Indonesia. Kebanyaka orang tua hanya memikirkan menyekolahkan Anaknya saja tampa menimbangkan. Apakah anak-anak mereka di sekolah mendapatkan ilmu dengna selayaknya?? itu yang harus di Fikirkan oleh Kedua Orang tua kita.
  • mereka yang tidak mampu sekolah selama 12 tahun di cap tidak mampu oleh Pihak sekolah. dan
  •  Sekolah di seluruh dunia, Justru berdampak Edukasi terhadap Masyarakat, karena sekolah di akui oleh orang banyak sebagai salah satu spesialis pendidikan.

 Kritik : terhadap lembaga sekolah
  •  Pendidikan sejatinya ialah pengalaman belajar si anak sepanjang hidupnya. namun hak dari setiap(menuntut ilmu) ,alah di sempitkan oleh lembaga sekolah, dan mengelompokkan  seperti yang kaya kumpul dengan yang kaya sedangkan yang miskin malah di lontarkan.
  • sekolah sering mendehomunisasi (memposisikan Manusia tidak selayaknya manusia)
  • pendidikan tidak selaras dengan pendidikan itu sendiri.
Kritik : Monopoli Legitimasi Oleh pihak sekolah
  • pelajaran yang pernah mempelajati bermacam-macam ilmu yang di berikan guru kepada siswanya dengan memberikan Ijzah sebagai tanda bahwasanya ia pernah sekolah.  ijazah hanya sebuah simbol bukan sebuah hasil dari Proses yang di lakukan Oleh siswa tersebut.
  • Masyarakat memaksa untuk lebih mementingkan Ijazah dari pada Ilmunya.

Nah argumentasi di atas yang pernah di lontarkan oleh ivan Illich kepada lembaga pendidikan.
sebagai mana yang ada di indonesia sekarang masih menggunakan sistem seperti di atas kemudian Ivan Illcih mengkritik masalah pendidikan.

Wallahu 'Alam

Comments